Pages

Jumat, 26 Desember 2014

UJIAN NASIONAL DIHAPUS, DIGANTI EVALUASI NASIONAL

Sudah menjadi hal yang biasa, ganti mentri akan diiukuti dengan gantinya kebijakan, lalu diikuti dengan gantinya istilah-istilah, namun seberapa besar urgensi istilah-istilah tersebut? Yuk kita baca beritanya....!

Semangat pembenahan pendidikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan masih menggebu. Setelah membenahi kurikulum, kini giliran Ujian Nasional (Unas) yang disasar. Kemendikbud berencana mengganti Unas dengan Evaluasi Nasional (Enas). Kepastian perubahan itu diperkirakan muncul pekan depan.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) selaku penyelenggara Unas terus mematangkan konsep perubahan tersebut dengan rapat-rapat teknis persiapan penyelenggaraan periode 2015. Rabu (24/12) misalnya, Tim BSNP mengadakan rapat dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud.

"Kami berharap pekan depan sudah ada titik jelasnya. Sekarang masih tahap ususlan dari Unas menjadi Evaluasi Nasional", kata anggota BSNP Teuku Ramli Zakaria di Jakarta kemarin.

Menurut dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta itu, perubahan dari Unas ke Enas tidak sekedar pergantian nama. Pria kelahiran Banda Aceh, 2 September 1952 tersebut menjelaskan, misi perubahan itu ingin mengembalikan fungsi ujian tahunan tersebut, "kita ingi mengembalikan kembali ke fungsi evaluasi", jelas dia, mulai evaluasi sekolah, guru, hingga satuan pendidikan.

(Sumber: http://jawapos.com)

Tidak ada komentar:
Write komentar

Recommended Posts × +