Pages

Selasa, 23 Desember 2014

TAHUN 2019 KURIKULUM 2013 AKAN DILAKSANAKAN

Pemerintah menargetkan Kurikulum 2013 akan dilaksanakan pada tahun 2019, seperti apa beritanya? Yuk... kita lanjutkan.

Kurikulum 2013 kini ditargetkan akan diimplementasikan 4 tahun ke depan. Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, implementasi ini dimulai sejak tahun pertama diterapkan di luar kelompok sekolah rintisan.

"Jika bisa dimulai pada 2015 maka akan selesai pada 2018. Keputusan sidang kabinet menyangkut kurikulum menggarisbawahi bisa dimulai 2015 atau 2016, yang penting barannya matang total, baru kemudian dijalankan secara bertahap", kata Mendikbud saat menerima perwakilan dinas-dinas pendidikan propinsi se-Indonesia di Kemendikbud, Jakarta, Senin (22/12/2014).

Hadir pada acara tersebut Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kemendikbud Hamid Muhammad, dan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemendikbud Achmad Jazidie.

Mendikbud mengatakan, Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan memberikan waktu paling lambat tujuh tahun bagi satuan pendidikan dasar dan menengah untuk mengimplementasikan peraturan ini. Dia mengatakan, sejumlah pasal di dalamnnya mengatur tentang kurikulum . "Insyaa Allah tidak akan menunggu sampai tujuh tahun, tetapi kita tidak punya alasan untuk terburu-buru", katanya.

Menurut Mendikbud, saat ini ada sejumlah sekolah yang ingin melanjutkan implementasi kurikulum 2013 dengan sejumlah alasan. Dia mencontohkan, ada sekolah sekolah swasta yang sudah membeli buku untuk satu tahun. "Kasus-kasus unik seperti ini tidak dianjurkan, tetapi bila ini terjadi maka akan dilakukan evaluasi kesiapannya", katanya.

Mendikbud menegaskan, pihaknya tidak ingin para peserta didik dan guru menjalankan kurikulum 2013 yang belum diuji dan diperbaiki. Dia mengatakan, sekolah yang tetap ingin menjalakan kurikulum 2013 maka resikonya ada pada masing-masing sekolah sendiri."Kalau mau tetap dijalankan maka konsekuensinya dari itu ada di tangan sekolah", katanya. 

(Sumber: http://harianterbit.com)

Sekian informasi, semoga bermanaat dan terima kasih atas kunjungannya...   :)

Tidak ada komentar:
Write komentar

Recommended Posts × +